Terlepas dari Bakat Lahir atau Pengalaman, Sebenarnya Kita Semua Terlahir Untuk Bisa Menulis!

Malam, di sebuah warung kopi bersama sahabat asik berdiskusi. Topik tidak jauh soal menulis dan buku, juga tentang pacar, dan juga persoalan lainya. Tetapi yang menarik dari percakapan malam di angkringan Tugu Jogja itu adalah soal apakah kita bisa menulis? Berikut kutipan percakapan mengawali tulisan ini.

“Banyak yah orang yang suka membaca, namun cuma sedikit yang suka menulis, ” tutur Galih.

Lalu saya menjawab, “Mungkin itu karna sangat banyak berpusat dengan beberapa hal yg tidak kita gemari, seperti buat makalah di universitas. Tidak seperti membaca satu buku kegemaran seperti novel, komik serta beda sebagainya” kataku.

Baca Juga: Contoh cover makalah

Saat kita bicara tentang menulis, pasti sesungguhnya tidak terlepas dari membaca. Bila kita suka membaca, automatis kita sukai menulis. Ibaratnya, membaca serta menulis telah sepasang yang tidak dapat dipisahkan. Tidakkah demikian? Menulis yaitu langkah bicara tidak segera untuk kita mengungkap ide, perasaan, fikiran pada rekan, teman dekat, atau di sosial media. Ada pendapat yang menyebutkan, dengan menulis seorang bisa mengungkap ide, pendapat, dan fikiranya sesuai sama hasrat.

Perlu untuk diketahui kalau kekuatan menulis tidak dengan genetik. Oleh karenanya, peranan bakat tidak memastikan dalam kesibukan menulis. Tiap-tiap orang pada intinya mempunyai kekuatan menulis, sudah pasti disertai dengan belajar serta melatih diri untuk menulis dengan benar. Saya dapat, Anda juga dapat, semuanya dapat menulis.

Tiap-tiap penulis memerlukan keberanian karna sesudah ia usai menulis naskah, ia juga akan tawarkan suatu hal mengenai sendiri berbentuk kalimat-kalimat. Ia juga akan berkata “ kenalilah apa yang saya catat ini. Bacalah sekerap yang anda kehendaki. Masing-masing apa yang saya maksudkan, namun manfaatkanlah kekuatan akal, pertimbangan, imajinasi anda sendiri dan buat rangkuman sendiri. ”

Tidak sering ada penulis yang lahir dengan kekuatan memakai kalimat dengan baik. Karenanya, menulis yaitu sistem panjang. Seseorang penulis mesti berlatih hingga kuasai seninya. Kita memerlukan disiplin diri yang keras, latihan penulisan dan penulisan kembali. Saya alami sistem itu.

Keunggulan jadi seseorang penulis, kita yaitu pekerja terhormat serta mulia, karna tiap-tiap buah karya positif dari seseorang penulis bisa memajukan serta mencerdaskan orang-orang atau pembaca. Keunggulan beda jadi seseorang penulis yaitu profesi yang dapat dikerjakan dimana saja, setiap saat, tidak ada batasan saat, sepanjang ada tekad serta hasrat yang dalam dari dalam sendiri.

Beberapa orang yang berhasil dalam kehidupannya diantaranya karna menulis. Jadi contoh, Kahlil Gibran (seniman, penyair serta pengarang besar dari Lebanon), Pramoedya Ananta Toer (penulis novel Tetralogi Pulau Buru dari Indonesia), Rabindranath Tagore (penulis asal India yang memenangi hadiah Nobel), Stephen King (novelis Amerika spesialis narasi horor, fiksi sains, serta kriminalitas), serta Toni Morrison (penulis wanita Afrika-Amerika yang memenangi Nobel). Senantiasa ada penghargaan untuk setiap pribadi yang ingin serta selalu berlatih hasilkan karya. Penulis yang menulis juga akan senantiasa dikenang.

Bila ada yang menyebutkan kendala belumlah ada ketertarikan dalam menulis, itu masalah kendala mental yang bersumber dari dalam sendiri. Kendala ini umumnya di pengaruhi oleh rasa malas untuk mulai menulis. Ada pula yang berasumsi, menulis yaitu satu pekerjaan yang menyiksa diri. Menurut saya, orang type ini tidaklah penulis sungguhan, karna tidak paham bagaimana caranya menulis yang sebenarnya.

Menulis harusnya memakai kelihaian kalimat. Sebab, kalimat yaitu alat. Seseorang tukang kayu memakai serutan, pahat, serta gergaji untuk buat satu perlengkapan tempat tinggal. Sedang, seseorang penulis memakai kalimat, kalimat, alinea-alinea untuk buat satu tulisan. Sama dengan yang saya kerjakan sekarang ini. Ingat, kekuatan memakai alat-alatlah yang membedakan hasil karya kita. Dapat begitu menarik atau demikian sebaliknya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *