Tahap penting perkembangan bayi pada usia 7 bulan

Perkembangan pada bayi merupakan saat-saat paling penting pada masa pertumbuhan. Ibu tentu ingin mendukung perkembangan bayi usia 7 bulan agar optimal bukan ? Yang salah satunya adalah memilih Zwitsal Baby sebagai produk perawatan kulit bayi. Pertumbuhan pada bayi bisa menimbulkan kegembiraan sekaligus rasa cemas sekaligus. Dimana pertumbuhan bayi merupakan saat-saat krusial yang dapat berpengaruh pada masa depan si bayi. Namun, orang tua tidak perlu terlalu khawatir. Selagi dilakukan sesuai prosedur dan benar, pertumbuhan bayi akan berlangsung normal seperti kebanyakan proses pertumbuhan pada  umumnya. Tidak hanya satu atau dua perkembangan. Dalam satu tahap bahkan bisa terjadi lebih dari tiga perkembangan pada tubuh bayi sekaligus. Lantas, seperti apa hal yang bisa diperhatikan dalam perkembangan bayi usia 7 bulan ? Simak berikut ini ulasan lebih lengkapnya lagi :

perkembangan bayi usia 7 bulan

Duduk

Duduk merupakan salah satu bagian dari perkembangan penting pada buah hati tercinta ibu. Dengan duduk, menandakan otot-otot punggung dan leher bayi sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya sendiri. Tahap ini merupakan tahap perkembangan dari tahap mengangkat kepala pada bayi. Dimana jika mengangkat kepala,yang mulai kuat adalah otot lehernya. Sedangkan pada aktivitas duduk yang mulai kuat adalah otot punggung dan leher yang digunakan untuk menyangga tubuh bagian belakang.

Merangkak

Merangkak adalah tahap awal bayi dalam mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya sebelum mulai pada tahap berjalan dan ini juga merupakan salah satu perkembangan bayi usia 7 bulan. Merangkak berfungsi sebagai pelatihan berjalan pada bayi sebelum ia dapat menopang tubuh dengan kakinya. Tidak hanya itu, merangkak juga merupakan latihan keseimbangan tubuh bayi dengan menggunakan tangan dan lutut sebagai penopangnya. Aktivitas bergerak yang dilakukan bayi juga bisa membuat berat badannya lebih ideal daripada bayi yang malas merangkak. Hal ini diterapkan dengan pengurangan jumlah lemak yang ditimbulkan oleh gerakan si bayi.

Memegang benda dengan kedua tangan

Banyak sekali tahap pertumbuhan bayi yang terlihat saat menginjak usia pertumbuhan 7 bulan. Salah satunya adalah aktivitas memegang benda dengan kedua tangan si bayi. Jika bayi dapat memegang benda dengan kedua tangannya menandakan syaraf motorik si bayi sudah matang dan terlatih. Hal ini juga dapat mengembangkan reflek si bayi terhadap lingkungan sekitar. Pengembngan tahap dapat dilakukan dengan memberikan berbagai macam mainan yang cocok dengan usia sia bayi. Dari mainan tersebut si bayi dapat melakukan aktivitas pemegangan dengan menggunakan kedua tanganya terhadap berbagai macam mainan yang berbeda bentuk.

baca juga perkembangan bayi usia 7 bulan yang perlu anda ketahui

Makan

Aktivitas makan juga merupakan tahap penting dalam perkembangan bayi usia 7 bulan. Makanan yang diberikan dapat berupa bubur, nasi tim, maupun biskuit. Aktivitas makan dapat melatih syaraf perasa dan kekuatan otot rahang pada bayi. Tidak hanya itu, aktivitas makan juga bertindak sebagai perangsang stimulasi pertumbuhan gigi pada bayi yang berusia 7 bulan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *