2 Metode Sterilisasi Alat Medis Di Rumah Sakit & Klinik

Sterilisasi diartikan sebagai proses atau kegiatan yang bertujuan untuk menghilangkan atau membunuh mikro organisme patogen berupa bakteri atau virus yang menempel pada satu benda tertentu atau dalam ruangan tertentu. Proses sterilisasi bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu secara fisik dan kimiawi.

sterilisasi alat medis di rumah sakit

Namun pada umumnya dilakukan dengan menggunakan dua cara skaligus, karena akan lebih efektif dan aman. Oke, pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi yang saya ketahui dari beberapa sumber terkait proses sterilisasi dengan menggunakan cara fisik yaitu dengan pemanasan.

2 Metode Sterilisasi Fisik di Rumah Sakit & Klinik

1. Sterilisasi Panas Uap

Proses pemanasan pada saat sterilisasi dilakukan dengan menggunakan sterilisator. Alat sterilisasi panas uap dinamakan Autoclave. Untuk mendapatkan alat ini, anda bisa membelinya di toko alkes yang jual autoclave dengan berbagai macam ukura volume. Sesuaikan saja kebutuhan anda.

Autoclave berbentuk seperti panci tertutup rapat yang dilengkapi dengan katup pelepas tekanan pada bagian atasnya. Di dalamnya terdapat elemen pemanas seperti yang biasa kita temukan pada heater di rumah kita. Sterilisasi dengan panas uap cukup efektif digunakan untuk mensterilkan alat – alat kesehatan di rumah sakit dan klinik.

Alat – alat yang akan disterilkan ditempatkan dalam wadah yang sudah tersedia di dalam autoclave, di dalam wadah tersebut alat – alat disterilakn hingga proses sterilisasi selesai kemudian dikemas dengan menggunkan steril pouch plastic.

2. Panas Kering

Panas kering merupakan proses sterilisasi yuang cukup mudah dilakukan. Karena hanya menggunakan sterilisator kering yang tidak membutuhkan air dalam proses sterilisasinya. Alat sterilisasi panas kering sering disebut dengan dry heat sterilizer atau sterilisator kering.

Prinsip kerja alat ini sangat mirip dengan microwave, hanya saja gelombang panas yang dipancarkan berasal dari sinar infra merah suhu tinggi dan ozon. Proses sterilisasi dengan panas kering bisa digunakan untuk bahan – bahan logam dan kaca. Namun untuk alat dengan bahan plastic dan karet dikhawatirkan akan meleleh.

Ada satu jenis sterilisasi yang biasa dilakukan di rumah sakit yaitu sterilisasi ruangan. Sementara ini alat yang digunakan dalam proses sterilisasi ruangan adalah lampu dengan sinar UV. Lampu ini dipancarkan dari tengah – tengah ruangan. Namun proses sterilisasi dengan alat ini harus hati – hati karena apabila tekena mata secara langsung bisa menimbulkan iritasi pada mata.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *