Pemprov Riau Garap Tanjak Sebagai Souvenir Murah Bagi Pelancong

souvenir promosi

Souvenir Promosi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah berusaha supaya tanjak dapat dijual secara biasa menjadi souvenir atau oleh-oleh bagi pelancong yang datang ke Riau. Sehingga bisa memberi poin ekonomis bagi masyarakat.

Demikian dipersembahkan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau, Asrizal terhadap, berakhir memberikan nasihat pada pelatihan pembuatan tanjak terhadap masyarakat dan pengrajin tanjak.

“Kita harap ke depan masyarakat ataupun pengrajin tanjak kapabel mengelola dan membikin produk tanjak yang lebih kreatif,” ujar eks Kepala Badan Kepegawaian Tempat (BKD) Provinsi Riau ini.

Ia mengakui kendala dalam pemasaran tanjak ini harganya yang masih terlalu mahal, sehingga memberatkan pelancong untuk membeli tanjak sebagai oleh-oleh.

“‎Apabila kini harga tanjak itu diatas Rp100 ribu, tentu itu berat bagi pengunjung membeli tanjak. Namun bagaimana ke depan tanjak ini dapat kita jual dengan harga Rp35 ribu, sehingga pelancong berminat untuk membelinya. Jadi pangsannya itu wajib kita sesuaikan, ada yang harga bawah, menengah dan atas,” paparnya.

Agas tanjak dapat dipasarkan dibawah di pasaran, tambah Asrizal, ‎solusinya tentu dibahan bakunya. Apabila masih mengaplikasikan bahan tenun tentu mahal, namun bagaimana ke depan membikin tanjak dengan tenun cetakan (printing), sehingga harga jualnya juga relatif murah dan dapat dijual ke biasa.

“Kita punya sasaran harga tanjak jangan hingga melebih Rp50 ribu, sehingga orang yang datang ke Riau dapat dengan gampang membawa oleh-oleh tanjak. Seperti di Bali, pelancong dengan gampang membeli gudeng. Jadi kesempatan-kesempatan seperti ini wajib kita ciptakan, sebab kesempatan pangsa pasar kelas bawah ini cukup besar, jadi ini yang kita bangun,” pungkasnya.

 

 

Baca Juga : Barang Promosi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *