Paket Wisata Candi-Candi Kecil Di Yogyakarta

wisata jogja 1 hari

Jogja selain memiliki candi-candi yang berukuran besar, kawasaan ini juga banyak terdapat candi-candi kecil yang tidak indah dan mempesona di sekitar kawasan Prambanan dan Kalasan. Wisatawan biasanya hanya mengenal Candi Prambanan, Candi Sewu dan Istana Rau Boko saja. Seiringnya perkembangan dunia informasi, candi-candi tersebut pun mulai diperkenalkan kepada wisatawan. Candi-candi kecil tersebut pun menarik perhatian para wisatawan yang datang ke Jogja.

Candi berukuran kecil yang ada di kawasan Kalasan ini antara lain: Candi Ijo, Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Kalasan, dan candi kecil lainnya. Candi-candi tersebut memang tidak sepopuler Candi Prambanan namun mereka juga mempunyai daya tariknya masing-masing. Berikut penjelasan singkat mengenai candi-candi tersebut:

  1. Candi Sambisari

Candi ini berdiri di sebuah lembah di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Candi Sambisari unik dan berbeda dari kebanyakan candi karena lokasinya berada di sebuah cekungan atau lembah. Sehingga pengunjung yang datang bisa memandangi keindahannya dari atas karena candi. Candi adalah candi Hindu yang dirikan pada abad ke-9 dan merupakan salah satu peninggalan Mataram Kuno – wisata jogja 1 hari.

  1. Candi Ijo

Berbeda dengan Candi Sambi sari yang terletak disebuah cekungan, Candi Ijo dibangun di atas sebuah bukit yaitu Bukit Ijo. Lokasi candi ini tepatnya di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi Ijo diperkirakan dibangun pada abad ke-10 hingga 11 masehi pada era Mataram Kuno. Candi ini merupakan sebuah candi Hindu jika dilihat dari sisi arstekturnya dan juga reliefnya. Candi Ijo sangat populer karena merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam sehingga banyak wisatawan yang datang ke candi ini.

  1. Candi Kalasan

Candi kecil berikutnya yang tidak kalah indah adalah Candi Kalasan. Candi ini memiliki keunikan dari reliefnya. Relief candi ini dianggap yang terbaik pada masanya. Hal tersebut membuat banyak peneliti yang datang untuk mencari kebenarannya. Wisatawan pun banyak yang datang untuk menyaksikan keindahan candi ini yang letaknya pas di pinggir jalan raya Solo-Jogja. Dibangun pada abad ke-8 candi ini merupakan candi Buddha yang dipersembahkan untuk Dewi Sri.

Demikian informasi singkat dari kami mengenai candi-candi kecil yang tidak kalah cantik di kawasan Jogja. Terdapat banyal candi lainnya yang akan kami bahas di lain kesempatan. Semoga informasi di atas bisa menjadi pilihan paket wisata di Jogja yang beda dan menarik bagi para wisatawan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *