Ketahui Beberapa Penyebab Bayi Bibir Sumbing Serta Langkah untuk Mengobatinya

Bibir sumbing berlangsung saat jaringan rahang atas serta hidung tidak menyatu dengan prima, hingga berlangsung perpecahan. Keadaan ini termasuk juga jadi cacat mulai sejak lahir, tetapi masih tetap dapat sembuh. Perpecahan ini dapat berlangsung di bagian bibir saja (cleft lip), dapat pula berlangsung pada atap mulut atau langit-langit (cleft palate), atau bahkan juga keduanya.

Pada saat kehamilan pada minggu ke-5 serta ke-9, sisi muka serta rahang alami perubahan. Di masa ini pada bayi normal, sisi muka serta rahang menyatu dengan baik, tapi penyatuan seperti ini terganggu pada bayi yang lahir dengan keadaan bibir sumbing.

Ketahui Beberapa Penyebab Bayi Bibir Sumbing Serta Langkah untuk Mengobatinya

Bibir sumbing terdiri kedalam dua type. Sumbing unilateral, yakni sisi yang sumbing cuma pada satu bagian bibir. Satu sekali lagi yaitu sumbing bilateral, yakni sumbing yang berlangsung pada dua bagian bibir.

Penyebabnya Bibir Sumbing

Penyebabnya terjadinya bibir sumbing belum juga di ketahui dengan tentu, tetapi disangka aspek genetik serta aspek lingkungan bisa beresiko pada terjadinya keadaan ini.

Riset menyebutkan kalau gen dari orangtua yang diwarisi ke anak buat anak berisiko lebih tinggi untuk menderita bibir sumbing. Meski begitu, bila orangtua alami bibir sumbing, belum juga pasti anak-anaknya alami bibir sumbing juga.

Disamping itu, beberapa aspek lingkungan yang bisa menyebabkan janin terlahir dengan keadaan bibir sumbing yaitu :

1. Kekurangan asam folat

Asam folat berperan menolong menghindar peluang bayi lahir cacat. Semuanya ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi keperluan asam folat setiap harinya, terlebih sepanjang empat bln. pertama masa kehamilan. Kekurangan asam folat juga akan tingkatkan resiko janin bibir sumbing. Selain itu juga rutin konsul ke dokter untuk ketahui kondisi janin anda disamping sibuk dengan mempersiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyambut kelahiran bayi seperti bantal olus oillow kasur yang nyaman beserta dengan baju bayi dan masih banyak yang lainnya lagi.

Memanglah belumlah ada bukti kuat kalau konsumsi asam folat dosis tinggi bisa menghindar bibir sumbing, tapi untuk ibu hamil yang mempunyai kisah keluarga dengan bibir sumbing dianjurkan untuk konsumsi asam folat dengan kandungan yang lebih tinggi.

2. Merokok

Ibu hamil yang mempunyai rutinitas merokok bisa buat bayinya berisiko lebih tinggi untuk terserang bibir sumbing. Sedang untuk ibu hamil sebagai perokok pasif, belum juga di ketahui dengan tentu apakah bayinya berisiko lebih tinggi terlahir dengan keadaan bibir sumbing. Dianjurkan untuk ibu hamil tidak untuk jadi perokok, baik aktif ataupun pasif, untuk kurangi sebagian resiko yang jelek.

3. Obesitas serta gizi buruk

Aspek berat tubuh berlebihan serta kecukupan gizi memegang peran yang sama perlunya dalam hal semacam ini. Bayi yang dikandung oleh ibu yang obesitas, berisiko lebih tinggi untuk alami bibir sumbing. Begitu halnya bayi yang dikandung oleh ibu yang alami gizi jelek.

4. Resikonya obat

Ibu hamil butuh memperhatikan obat yang dikonsumsi semasa hamil karna punya potensi beresiko pada perkembangan janin. Terdapat banyak type obat yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Umpamanya, obat isotretinoin yang dipakai untuk menangani jerawat butuh dijauhi oleh ibu hamil karna bisa mengganggu perkembangan janin. Tanyakan dengan dokter Anda bila Anda konsumsi obat untuk keadaan spesifik waktu hamil. Disangka, sebagian masalah bibir sumbing pada bayi adalah resikonya obat spesifik.

Sindrom Pierre Robin

Yakni keadaan bayi yang terlahir dengan rahang kecil serta tempat lidah yang lebih ke belakang. Efeknya, bayi bisa alami masalah pernafasan sisi atas. Terkadang dibutuhkan tabung pernafasan untuk menolong bayi bernapas. Sindrom Pierre Robin tidak sering berlangsung, tetapi bayi yang alami sindrom ini umumnya mempunyai bibir sumbing.

Tanda Bibir Sumbing serta Langkah Pengobatannya

Bibir sumbing umumnya di ketahui saat bayi baru lahir. Sinyal intinya yaitu perbelahan pada bibir. Memiliki bentuk dapat berbentuk celah kecil di bibir atau celah yang lebih panjang sekali lagi. Celah yang lebih panjang ini membentang dari bibir ke gusi atas, langit-langit, serta hidung.

Ada pula sumbing yang berlangsung cuma pada otot langit-langit lunak di belakang mulut, tetapi keadaan seperti ini tidak sering berlangsung. Bila berlangsung, umumnya tidak segera terdeteksi saat bayi lahir.

Bibir sumbing bisa sembuh dengan langkah operasi. Operasi perbaikan bibir biasanya dikerjakan waktu bayi berumur tiga bln.. Saat pelaksanaannya yaitu 1-2 jam. Bayi di beri bius umum, lalu sisi bibir serta otot-ototnya diperbaiki. Semakin lebar celah pada bibir, semakin lama saat pelaksanaannya.

Operasi pada langit-langit mulut umumnya dikerjakan waktu bayi berumur 6-12 bln.. Lama pelaksanaannya yaitu sekitaran dua jam. Sebelumnya dikerjakan operasi, bayi di beri bius umum terlebih dulu. Langkah pelaksanaannya dengan membuat kembali susunan langit-langit mulut, tersebut otot-otot yang ada di sekelilingnya.

Pada beberapa besar keadaan bayi, rangkaian operasi bisa menangani bibir sumbing. Tampilan bibir juga bisa lebih normal dengan sisa operasi yang minimum. Bersamaan anak bertumbuh, dia baiknya selalu dimonitor oleh dokter setiap 5 th. sekali mulai sejak berumur 5 sampai 20 th..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *