Kenapa tanggal 25 November Selalu Menyanyikan Hymne Guru ?

Adalagu.net, Tiap-tiap tanggal 25 November 2017 sudah jadi peringatan Hari Guru Nasional. Mungkin saja banyak yang masih tetap belum juga mengatahui mengapa tercetus pada tanggal itu? Tersebut kita juga akan kupas tentang sejarahnya. Nyatanya Hari Guru Nasional telah diperingati mulai sejak th. 1994, sesudah ada ketentuan presiden, yakni pada Kepres No. 78 Th. 1994 dan ditulis di UU No. 14 th. 2005 berkaitan guru serta dosen yang ditatapkan pada tanggal 25 November jadi Hari Guru Nasional yang peringatannya berbarengan dengan hari ulang th. PGRI.

menyanyikan lagu hymne guru

Hingga pada 25 November pada tiap-tiap tahunnya sudah diperingati jadi Hari Guru Nasional. Walau demikian sayangnya dalam peringatan hari perlu ini tak ada peringatan spesial yangs telah dikerjakan, jadi lumrah bila banyak yg tidak ketahui tentang hari nasional ini. Mulai sejak pemerintahan Belanda, nama perkumpulan guru telah terjadi. Ketika itu dinamakan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada th. 1912. Dalam perkumpulan ini beranggotana guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan sebagainya.
Lantas pada th. 1932, perkumpulan beberapa guru ini berkemauan untuk membantuk negara sendiri, lalu mereka mengubah nama perkumpulannya jadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Kemudian, Hari Guru Nasional mulai tecetus pada tanggal 24-25 Novemer 1945, dua bln. sesudah kemerdekaan Indonesia. Beberapa guru lalu membuat kongres guru untuk memberi support pada kemerdekaan Indonesia yang dikerjakan di Surakarta. Kongres ini sendiri beranggotakan beberapa guru yang tengah menjaga pendidikan di Tanah Air ketika penjajahan. Mereka semuanya adalah seseorang guru yang masih tetap aktif mengajar pendidikan, pegawai pendidikan, pengsiunan beberapa pejuang, serta sebagian salah satunya. Lalu pada tanggal 25 November mereka sudah mengatakannya dengan nama PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. Tetapi ketika itu, masih tetap belumlah ada ketentuan resmi yang di keluarkan oleh pemerintah untuk jadikan tanggal 25 November jadi hari resmi nasional. Sampai selanjutnya th. 1994, dalam website resmi PGRI sudah dicetuskan bila tanggal 25 November adalah Hari Guru Nasional.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *