Kemegahan Istana Maimun yang Biasa

harga acp

Harga ACP – Sumatera Utara familiar dengan tamasya alam Danau Toba dan masakan Durennya yang menggiurkan. Tetapi tak komplit kalau traveler tak menengok kemegahan Istana Maimun yang memukau di Medan.

Istana Maimun, yakni salah satu istana paling megah pada zaman kesultanan. Berlokasi di Kota Medan, Istana Maimun sampai sekarang masih tampak megah dan terawat. Merinding terpukau rasanya, ketika aku bisa menjelajah isinya.

Salah satu istana yang semenjak dahulu berharap aku datangi yakni Istana Maimun. Oleh sebab itu, semacam itu sempat mendatangi Medan sebagian waktu lalu, tak aku sia-siakan.

Istana Maimun terdiri dari dua lantai dengan ketinggian 14,40 meter, yang dibagi menjadi tiga komponen. Bangunan utama, sayap kiri, dan sayap kanan.

Pada bangunan utama terdiri dari ruang-ruang yang seluruh didominasi oleh warna kuning. Tak terkecuali ruangan di mana berdiri dengan kokoh Singgasana Sultan. Ruang tengah dengan luas 412 meter persegi hal yang demikian lazim disebut balairung.

Balairung dipakai untuk acara penobatan Sultan Deli atau rencana tradisional lainnya termasuk acara-acara keislaman. Balairung juga dipakai sebagai daerah Sultan mendapatkan sanak saudara dan keluarga di hari libur Islam.

Di ruang utama hal yang demikian pula, ketika ini tersimpan foto keluarga, perabotan rumah tangga seperti bokor, gelas, dan alat rumah tangga lainnya serta senjata tua peninggalan kesultanan yang disimpan dalam etalase kaca.

Istana Maimun mempunyai kurang lebih 30 ruangan. Ini belum termasuk kamar mandi, gudang, dapur, dan penjara di lantai bawah.

Imbas adat istiadat Eropa rupanya tak cuma pada perabotan, melainkan juga pada dasar bangunan istana. Malahan, sebagian bahan bangunan diimpor dari Eropa, seumpama ubin lantai, marmer, dan teraso.

Bangunan hal yang demikian membuktikan pada zaman dulu, sesungguhnya telah terjadi kekerabatan yang harmonis antara Eropa dengan kaum Muslim di Indonesia. Mereka saling mengisi satu sama lain. Walau kesultanan konsisten menjaga keislaman kawasannya.

Istana Maimun dibangun oleh Sultan Makmun Ar Rasyid Perkasa Alamsyah dengan seorang arsitek berkebangsaan Italia pada tahun 1888.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *