kampung kurma

Tips  Menanam   Kurma Berbuah Di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, Kurma merupakan buah yang digemari banyak orang. Khusus bagi kalangan muslim, buah ini memiliki keistimewaan karena menjadi salah satu menu penting di bulan Ramadhan. Nah saat ini pula suah banyak orang yang mulai membudidayakan tanaman kurma di Indonesia. Namun perlu anda ketahui, agar kurma berbuah di Indonesia, maka tanaman kurma tersebut  sebaiknya  dibudidayakan di dataran rendah yitu misalnya di daerah Jonggol,  Bogor yang terbukti bisa tumbuh dan berbuah dengan baik .  serta di tempat di mana cahaya matahari bersinar penuh, cuaca panas di siang hari dan air tanahnya dekat. Daun kurma memang membutuhkan paparan cahaya dan suhu yang relatif tinggi, namun akarnya membutuhkan banyak air. Itulah sebabnya, di negeri asal, kebun kurma umumnya dipasangi irigasi pipa.

kampung kurma

       Perlu anda ketahui, aslinya kampung kurma dapat dikembangkan melalui biji. Biji kurma yang Anda dapat dari membeli buah kurma di warung-warung atau toko pangan, dapat dikecambahkan lalu ditanam di depan rumah. Biji kurma itu masih hidup, dan proses pengolahan buah kurma tidaklah melalui perebusan.  Hanya saja, dari 100 biji kurma yang ditanam, hanya sekitar 10 yang akan menjadi betina, 40 hermaprodit dan 50 jantan. Padahal rasio ideal jantan- betina tanaman di kampung kurma adalah 1:40. Artinya, satu batang kurma jantan akan menghasilkan polen yang cukup untuk proses polinasi 40 batang pohon kurma betina. Polen juga dapat disimpan dalam waktu yang lama atau sekitar 6 bulan  jika dimasukan ke dalam wadah kedap udara lalu ditaruh di dalam kulkas. Hingga akhirnya kurma tersebut bisa ditanam dan menjadi kurma berbuah di Indonesia.

melalui kampung kurma

Nah, perlakuan khusus atau beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan budidaya kurma di Indonesia agar kampung kurma berbuah di Indonesia adalah  :

1 Pilih kultivar kurma dari Jenis yang dipastikan dapat tumbuh baik di Indonesia. Sebab dari puluhan kultivar kurma yang ada, tidak semuanya cocok untuk ditanam di Indonesia. Beberapa kultivar kurma yang dapat ditanam di Indonesia dan dapat menghasilkan buah adalah: ajwa, lulu, amir, dan nabi.

2 Untuk setiap 25 batang pohon kurma betina, tanam satu pohon kurma jantan.

3 Gunakan bibit kurma betina dari tanaman induk yang berkualitas baik.

4 Ketika pohon kurma sudah dewasa dan siap kawin, lakukan penyerbukan buatan dengan cara mengikat bunga jantan dan bunga betina atau dengan merontokkan serbuk sari bunga jantan ke bunga betina.

5 Pada saat pohon kurma berbuah, berikan asupan gizi yang cukup dengan memberikan pupuk, pengairan yang cukup serta menghindarkan dari gangguan burung dan lalat.

6 Lakukan penjarangan dengan memangkas buah yang terlalu kecil dan menyisakan buah yang besar, agar buah yang berukuran besar tersebut dapat tumbuh dengan bagus dan menjadi lebih besar.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut di atas, pohon kurma akan dapat tumbuh dengan baik, berbuah lebat, dan buahnya memiliki kualitas yang layak untuk dijual, meskipun pohon kurma tersebut ditanam di Indonesia.

bersama kampung kurma

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *