Ingin Tahu 5 Macam Penyakit Mata Penyebab Rabun?

Tahukah Anda bahwa ada 5 macam penyakit mata yang perlu Anda perhatikan keberadaannya. Mengapa? Karena kelima macam penyakit mata ini mampu menghalangi penglihatan. Tentu siapapun tak ingin mengalami kerabunan bukan? Lalu adakah cara untuk menghindari terjadinya kerabunan? Tentu dengan menghindari penyebab terjadinya rabun mata. Dapatkah dilakukan? Sebelumnya ayo kita perhatikan 5 macam penyakit mata penyebab kerabunan berikut ini!

5 Macam Penyakit Mata Penghalang Penglihatan

Berdasarkan keterangan berbagai sumber, 5 macam penyakit mata berikut ini mampu menghalangi penglihatan Anda. Mulai dari; rabun jauh, rabun dekat, mata tua, mata silinder dan buta warna. Memang rabun jauh dan rabun dekat masih menempati urutan terbesar penyebab terjadinya kerabunan. Keduanya bahkan tidak asing ditelinga Anda, namun bagaimana dengan mata tua, mata silinder dan buta warna? Penyakit apakah itu? Mari kita ulas satu-persatu!

Rabun Jauh

Penyakit ini ditandai dengan ketidakmampuan penderitanya dalam melihat objek jarak jauh. Terlalu banyak menggunakan komputer dan menonton televisi menjadi penyebab utama terjadinya penyakit mata tersebut. Pengobatan hanya bersifat membantu memulihkan penglihatan normal dengan bantuan kacamata lensa sferis negatif.

Rabun Dekat

Penyakit ini ditandai dengan ketidakmampuan penderitanya dalam melihat objek jarak dekat. Keberadaan penyakit diabetes dan tekanan darah tingi diduga kuat sebagai penyebabnya. Namun, kebiasaan merokok turut memperparah keadaan ini. Pengobatan hanya bersifat membantu memulihkan penglihatan normal dengan bantuan kacamata lensa sferis positif.

Mata Tua

Penyakit ini ditandai dengan penurunan fungsi penglihatan seraya bertambahnya usia. Penderitanya tidak mampu melihat dengan jarak dekat maupun jarak jauh. Hal ini tentu mengganggu aktivitas harian seperti; mengemudi, membaca, atau melihat sms. Pengobatan hanya bersifat membantu penglihatan normal dengan bantuan kacamata dua lensa. Kacamata ini memiliki bagian untuk melihat jarak dekat pada bagian bawahnya. Serta bagian untuk melihat jarak jauh.

Mata Silinder

Penyakit ini ditandai dengan berbayangnya objek yang terlihat oleh mata. Penglihatan seolah-olah kabur dan tidak dapat fokus, sehingga dapat menimbulkan pusing atau sakit kepala. Tingkat bayangang yang terjadi pada mata penderitanya bisa berbeda-beda. Keberadaan penyakit ini biasanya disertai dengan rabun jauh atau rabun dekat. Kacamata khusus dapat dipesan setelah melakukan pemeriksaan medis. Pengobatan juga dapat dilakukan dengan bedah laser, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Buta Warna

Penyakit ini ditandai dengan ketidakmampuan dalam membedakan warna objek yang dikarenakan oleh faktor bawaan. Penyakit ini juga dapat dialami oleh orang yang bekerja dilingkungan pabrik tekstil, pabrik tas, atau penjaga lampu lalu lintas. Pengobatannya harus dilakukan berdasarkan konsultasi dengan dokter spesialis mata.

Demikianlah 5 macam penyakit mata yang perlu Anda perhatikan keberadaannya karena berpotensi menyebabkan kerabunan. Nantikan terus informasi kesehatan terkini dalam artikel kami berikutnya – hanya di Deherba.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *