Bisnis Startup di Indonesia, Ini 4 Faktor Pendukungnya

Bila berbicara soal perkembangan tentu saja akan saling mempengaruhi lingkungan yang ada, dimana terjadinya perkembanan zaman akan mempengaruhi juga perkembangan di beberapa bidang yang ada di dunia termasuk bidang bisnis. Adanya perkembangan khususnya di bidang teknologi tentu saja akan mempengaruhi beberapa bidang lainnya salah satunya dunia bisnis, dimana dunia bisnis mendapat keuntungan dari adanya perkembangan teknologi tersebut. Mengapa begitu? Karena pada saat itu para pebisnis memanfaatkan terknologi tersebut sebagai media guna menjalankan bisnisnya tersebut. Nah, jenis bisnis yang identik dengan hal tersebut adalah jenis bisnis startup Indonesia yang mana diartikan sebagai sebuah jenis usaha bisnis yang masih baru berkembang. Hal ini dikarenakan binis jenis startup ini muncul seiringan dengan perkembangan teknologi, sehingga jenis bisnisnya berupa seperti transaksi online, website, dan juga game.

Bisnis yang bisa dibilang masih dalam tahap perkembangan ini sudah cukup terkenal dan meluas di dunia, bahkan di Indonesia saja sudah banyak perusahaan-perusahaan atau bahkan Anda sendiri menggunakan jenis bisnis usaha startup ini. Pada dasarnya bisnis startup memiliki 3 macam jenis yang sering berkembang yaitu startup dalam aplikasi edukasi, startup dalam pencipta game, dan startup dalam perdagangan. Nah, untuk di Indonesia sendiri startup yang banyak berkembang ialah jenis startup pencipta game dan aplikasi edukasi, karena bagi Anda para pebisnis Indonesia merasa bahwa kedua jenis tersebut mudan dan peluang bisnis di pasaran juga terbilang sangat besar. Untuk jenis startup perdagangan, perkembangannya masih belum pesat di Indonesia karena ada beberapa alasan.

Faktor Pendukung Bisnis Startup di Indonesia

Mengapa bisnis startup bisa berkembang di Indonesia? Hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor pendukung yang membuat bisnis model startup ini berkembang di Indonesia, yaitu:

  • Jumlah penduduk yang banyak membuat Indonesia menjadikan sebuah potensi pasar yang besar dalam bisnis ini, baik untuk startup lokal ataupun internasional.
  • Kesadaran akan perkembangan teknologi membuat Indonesia menjadi melihat dan tertarik menggunakan teknologi internet, sehingga hal ini menjadi sebuah peluang untuk lebih mengenalkan serta mengembangkan bisnis usaha startup tersebut.
  • Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang kreatif, sehingga dengan begitu bisnis usaha startup ini bisa lebih menarik dengan ide-ide orisinilnya dan juga kesolidannya, sehingga mudah untuk ditawarkan dan dikembangkan lagi.
  • Pengembangan bisa berjalan dengan baik karena adanya dukungan drai para investor besar dan juga dukungan dari pemerintah.

Selain beberapa faktor tersebut, berkembangnya  bisnis usaha startup ini jga bisa ditentukan dengan melihat sistem pelayanan yang diberikan/ditawarkannya.

Sehingga jika Anda bisa melihat bahwa berkembangnya bisnis startup di Indonesia bisa dikatakan memiliki durasi/tempo yang sangat cepat. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia sendiri sangat aktif dalam memanfaatkan teknologi internet, sehingga bisnis jenis ini dapat memberikan keuntungan yang besar karena hal tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *