Belajar Not Angka dengan Mudah dan Cepat

Sebelum saya mengulas tentang belajar not angka, saya juga akan ulas dahulu beberapa hal yang terkait dengan notasi angka pada suatu lagu, salah satunya :

1. Tempo
Tempo berperan untuk memastikan cepat atau lambatnya satu lagu atau musik, umumnya ditempatkan pada bagain atas lagu, contoh andante, allegro dan sebagainya. Saat ini biasanya ditulis gunakan angka, umpamanya 70, 96 serta yang lain. Bila anda tidak paham tempo jadi akan tidak dapat membaca not angka dengan baik, karna tempo punya pengaruh pada waktu not. Oleh karenanya tempo jadi sisi yg tidak terpisahkan dari not. Tanpa ada tempo mungkin saja kita juga akan salah memainkan lagu, umpamanya lagu lambat dimainkan dengan tempo tengah, atau demikian sebaliknya. Hal semacam ini bisa menyingkirkan rasa dari lagu yang berkaitan. Agar lebih tahu mengenai tempo, silahkan anda click di sini TEMPO atau saksikan pada kelompok Teori Musik

2. Suara dasar
Umumnya suara basic ini ditempatkan diatas satu lagu, umpamanya Do = C. Berarti kalau lagu itu memakai kunci melodi C. Bila Do = G, berarti lagu itu memakai kunci melodi G.

3. Sinyal Sukat
Ini terkait dengan ketukan (beat) yang ada pada bar. Contoh sinyal sukat yaitu 2/4, 3/4, 4/4 dan sebagainya. Untuk lebih detilnya silahkan click di sini TANDA SUKAT atau saksikan pada Kelompok Teori Musik.

4. Type musik
Umumnya type musik juga ditulis diatas, contoh slow rock. Ini untuk mempermudah pemain musik dalam memainkan/menemani lagu yang berkaitan. Tujuannya supaya pemain musik tak perlu berfikir mengenai musik apa yang pas untuk lagu itu. Sesungguhnya hal semacam ini tidak mutlak (tidak mesti), karna selera orang dalam bermusik tidak sama. Jadi anda bisa mengubah type musik yang telah ada pada buku dengan type musik yang beda, yang lebih enak pastinya.

Belajar Not Angka dengan Mudah dan Cepat
Belajar Not Angka dengan Mudah dan Cepat

Empat point diatas yang umum ada pada lagu yang memakai notasi angka. Baiklah saat ini saya ulas not angka. Terdapat banyak sinyal/lambang dalam not angka yang perlu di ketahui salah satunya :

1. Notasi
Dalam not angka penulisannya diawali dari angka 1 hingga 7. Dengan perincian seperti berikut :
1 = do 2 = re 3 = mi 4 = fa 5 = sol 6 = la 7 = si
Kita aplikasikan notasi itu pada gitar serta piano dalam suara basic C, saksikan gambar dibawah :
2. Sinyal Titik (. )
Sinyal titik jadi sinyal oktaf untuk lebih detilnya saksikan gambar dibawah.

Pada bar ke-1 yaitu notasi normal.
Pada bar ke-2 ada sinyal titik diatas, berarti notasi itu ada pada oktaf lebih tinggi (1 oktaf) dari notasi yang normal
Pada bar ke-3 ada sinyal titik dibawah, berarti notasinya lebih rendah 1 oktaf dari notasi yang normal.

Sinyal titik jadi nilai not misalnya :
I 2. . . I berarti not re (2) mempunyai nilai 4 ketuk. Rinciannya 1 ketuk not re serta 3 titik = 3 ketuk. Jadi sinyal titik itu mewakili 1 ketuk. Bila dalam not balok not re itu dimaksud not penuh (4 ketuk)
I 2. 3. I berarti not re (2) mempunyai 2 ketuk serta not mi (3) mempunyai 2 ketuk. Dalam not balok keduanya dimaksud not 1/2.

3. Nilai Not, saksikan gambar!

Dibawah tulisan Not 1 Ketuk ada notasi tanpa ada garis atas, berarti nilai not 1, 2, 3, 4 semasing bernilai 1 ketuk. Dalam not balok dimaksud not 1/4
Dibawah tulisan Not 1/2 Ketuk ada notasi yang atasnya mempunyai 1 (satu) garis horisontal, berarti not 1, 2, 3, 4 semasing bernilai 1/2 ketuk. Dalam not balok dimaksud not 1/8
Dibawah tulisan Not 1/4 Ketuk ada notasi yang atasnya mempunyai 2 (dua ) garis horizontal, berarti not 1, 2, 3, 4, 1, 2, 3, 4, semasing bernilai 1/4 ketuk. Dalam not balok dimaksud not 1/16
Dibawah tulisan Not 1/8 Ketuk ada notasi yang atasnya mempunyai 3 (tiga) garis horizontal, berarti not 1, 2, 3, 4, semasing bernilai 1/8 ketuk. Dalam not balok dimaksud not 1/32
Sesungguhnya masih tetap ada not 1/16, 1/32, tapi not itu tidak sering digunakan.

4. Sinyal Diam
Dalam not angka sinyal diam ditulis dengan sinyal bulat (angka 0) misalnya :
I 0 0 0 0 I berarti diam/istirahat sejumlah 4 ketuk. Sinyal 0 = 1 ketuk
I 2 0 0 0 I berarti diam/istirahat sejumlah 3 ketuk. Sesudah dibunyikan not re lantas diam 3 ketuk.
Sinyal diam ini waktunya sama persis dengan nilai not. Jadi anda tinggal banding saja nilai not serta sinyal diam. Secara singkat tinggal saksikan notnya serta saksikan garis diatas not bila ada. Umpamanya ada not seperti berikut ini :
0 2 berarti diam 1 ketuk lantas bunyikan not re (2) waktunya 1 ketuk. Bila diatas ke-2 angka itu ada sinyal 1 garis, berarti diam 1/2 ketuk lantas bunyikan not re (2) waktunya 1/2 ketuk.

Setelah itu saya juga akan berikan contoh sinyal/lambang yang beda :

Info gambar :
Diatas angka 1 dalam lingkaran ada sinyal ll : berarti jadi sinyal awal pengulangan, sinyal ini mesti berpasangan dengan sinyal : ll
Bila notasi diatas dimainkan, jadi berarti dimainkan 2 x
Diatas angka 2 dalam lingkaran ada sinyal garis lengkung, itu dimaksud slur atau legato. Sinyal itu berarti menyambungkan not 3 ke not 4. Secara singkat saat not 3 (mi) dimainkan waktu suaranya belum juga berhenti lantas geser ke not 4 (fa).

Diatas angka 3 dalam lingkaran ada angka 1 di beri garis tengahnya. Itu yaitu sinyal kres dalam not angka. Peranannya menambah not itu sejumlah 1/2 not.

Mungkin saja uraian diatas tidak lengkap, tapi bila anda menginginkan ajukan pertanyaan lebih detil silahkan bertanya lewat komentar. Tak ada gading yang tidak retak. Jadi saya perlu koreksi dari anda.
Mudah-mudahan anda tahu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *